Kenapa Hari Minggu Dijadikan Hari Libur? Ini Alasannya

Pernahkah Anda bertanya tanya kenapa hari Minggu dijadikan hari libur  nasional ? Ya, Negara Indonesia menetapkan hari Minggu sebagai hari libur nasional sehingga semua orang yang melakukan aktifitas pekerjaan pada kantor atau perusahaan hingga kegiatan bersekolah pun di liburkan dan tentunya hari libur ini sangat bermanfaat untuk mengisi waktu liburan atau berkumpul dengan keluarga dalam satu hari penuh. Jadi seluruh aktifitas kegiatan belajar mengajar serta melakukan pekerjaan di berhentikan selama hari Minggu kecuali seorang pekerja yang bekerja dengan tidak memilih hari Minggu sebagai hari liburnya.

kenapa hari minggu libur

Menurut sejarah, awalnya berasal dari tradisi bangsa Romawi yang berada di Negara Italia karena pada hari Minggu tersebut orang orang Romawi beribadah pada hari Minggu. Oleh karena itu, bangsa Romawi menetapkan hari Minggu tersebut ditetapkan sebagai hari libur bangsa Romawi dan juga diberi tanda merah dalam kalender bangsa Romawi sebagai pengingat bahwa hari yang diberi warna merah adalah hari libur. Nah kenapa hari Minggu dijadikan hari libur di beberapa Negara di sebagian mayoritas daratan eropa ?

download

Ya, karena bangsa Romawi dahulunya adalah bangsa yang sangat Berjaya dan juga memiliki beberapa daerah yang dikuasainya di daratan Eropa sehingga mereka pun juga menerapkan bahwa hari Minggu sebagai hari libur. Beberapa Negara besar seperti Belanda, Inggris, Prancis, Jerman, dan Negara lainnya pun juga turut menerapkan hari Minggu sebagai hari libur dan tetap dilakukan turun temurun hingga saat ini.

Nah, Anda pasti bertanya tanya mengapa Negara Indonesia juga mengikuti tradisi hari Minggu sebagai hari libur nasional padahal Indonesia bukanlah Negara yang pernah dikuasai oleh bangsa Romawi ? jawabannya adalah karena Negara Indonesia adalah Negara bekas jajahan dari Negara Belanda yang menjajah hampir 350 tahun dan juga Belanda adalah salah satu Negara yang menjadi Negara yang pernah dikuasai oleh bangsa Romawi sehingga Belanda pun juga menerapkan hari Minggu ataupun hari bersejarah dijadikan sebagai hari libur nasional. Maka dari itu, lihatlah kalender Anda pada hari Minggu diberikan warna merah sesuai dengan kalender bangsa Romawi tersebut.

Selain itu, ada alasan lain mengapa hari Minggu ini dijadikan hari libur nasional. Ya, karena beberapa pekerja maupun siswa sekolah dirasa perlu waktu 1 hari untuk beristirahat total setelah bekerja ataupun belajar selama 6 hari dari hari Senin hingga hari Sabtu. Namun, apakah semua Negara menjadikan hari Minggu sebagai hari libur nasional ? apakah mereka menjadikan hari lain untuk dijadikan hari libur nasional ? Jawabnya adalah iya tidak semua Negara menjadikan hari Minggu ini sebagai hari libur nasional.

Khususnya Negara Arab serta Yahudi yang tidak menggunakan hari Minggu sebagai hari libur nasional/. Negara Arab menggunakan hari jum’at sebagai hari libur nasional dikarenakan pada hari jum’at mayoritas masyarakat dari Negara Arab adalah orang islam sehingga orang arab percaya bahwa hari jumat adalah hari yang paling suci untuk melakukan ibadah.

Lain lagi dengan orang yahudi karena mereka memilih hari sabtu untuk dijadikan hari libur nasional karena mereka percaya bahwa hari sabtu merupakan hari yang di sakral kan oleh masyarakat yahudi sehingga hari sabtu dipilih sebagai hari libur nasional.

Nah, demikianlah beberapa alasan kenapa hari Minggu dijadikan hari libur. Semoga dapat membantu Anda untuk mencari informasi sekaligus alasan mengapa hari Minggu dijadikan hari libur nasional.

Deskripsi : Negara Indonesia telah melabeli hari Minggu sebagai hari libur nasional sehingga Anda dapat menikmati kebersamaan bersama keluarga Anda maupun sahabat Anda. Namun, tidak semua Negara menggunakan hari Minggu sebagai hari libur seperti Negara Arab maupun yahudi