Cara Memperbaiki Touchscreen Yang Rusak

Dewasa ini layar sentuh atau touchscreen pada ponsel ini bukanlah lagi sesuatu yang luar biasa. Bahkan kini fungsi layar sentuh pada ponsel sudah menjadi sesuatu yang lumrah saja. Kemajuan teknologi saat ini menjadikan fungsi touchscreen atau layar sentuh pada ponsel wajib dimiliki oleh semua smartphone. Dengan semua kemudahan yang ditawarkan untuk para pecinta dan pengguna setia berbagai merek smartphone, touchscreen telah mampu mengalahkan pesona ponsel yang masih menggunakan fungsi keyboard konvensional sebagai komponennya.

Pada dasarnya, fungsi touchscreen adalah sebagai alat pengendali smartphone dalam melakukan berbagai kegiatan. Para pengguna smartphone makin dimanjakan dengan kemudahan dan kenyamanan saat menikmati fasilitas yang disediakan oleh ponsel pintarnya. Dan karena hal inilah, maka layar sentuh menjadi salah satu fungsi utama yang banyak digunakan oleh pengguna smartphone saat berkegiatan dengan ponselnya.

Seiring dengan lamanya waktu pemakaian, juga dengan adanya faktor kesalahan dan kelalaian pengguna saat menggunakan smartphone, maka fungsi touchscreen pada ponsel dapat mengalami kerusakan dan kehilangan fungsi. Misalnya saja, fungsi layar sentuh menjadi tidak akurat, terjadi error atau hang saat proses kegiatan, respon dari layar sentuh menjadi lambat, dan sejenisnya. Dan sebagai pengguna smartphone, sudah seharusnya kita tau apa saja faktor penyebab dan ciri-ciri kerusakan fungsi touchscreen, serta bagaimana cara memperbaiki touchscreen yang rusak pada ponsel kita.

Beberapa faktor yang menyebabkan fungsi touchscreen rusak dan tidak bekerja optimal

cara-memperbaiki-touchscreen-rusak-2

1 ) Faktor Internal

Salah satu faktor internal yang menyebabkan touchscreen rusak adalah karena adanya kerusakan pada perangkat lunak (software) dari sistem operasi (OS) smartphone. Selain itu bisa juga penyebab kerusakan justru datang dari perangkat keras (hardware) yaitu dari layar ponsel yang memang sudah rusak dan harus segera diganti.

2 ) Faktor Eksternal

Banyak faktor luar yang bisa menyebabkan penurunan fungsi touchscreen ponsel, diantaranya perlakuan yang kurang hati-hati terhadap smartphone dan kelalaian pengguna dalam merawat ponselnya sehingga menyebabkan kerusakan.

Cara memperbaiki touchscreen yang rusak dan tidak berfungsi optimal

cara-memperbaiki-touchscreen-rusak-3

Sebelum anda menuju service center untuk memperbaiki touchscreen anda, ada baiknya lakukan beberapa langkah berikut agar anda bisa lebih menghemat biaya perbaikan.

1 ) Bersihkan permukaan layar ponsel

Salah satu penyebab menurunnya fungsi layar sentuh ponsel adalah karena debu yang mengotori layar, adanya cairan yang membasahi layar yang berasal dari keringat, air hujan ataupun benda cair lainnya. Cobalah bersihkan layar ponsel menggunakan kain halus yang bersih secara hati-hati.

2 ) Lakukan kalibrasi pada layar perangkat ponsel

Bila cara pertama belum berhasil, bisa jadi masalah di layar sentuh datang dari pengaturan layar yang tidak sesuai kondisi seharusnya. Biasanya dalam kondisi ini layar sentuh masih bisa berfungsi namun kurang akurat. Cobalah untuk melakukan kalibrasi layar melalui fungsi setting (pengaturan)

3 ) Lakukan factory reset

Cara ini dapat ditempuh bila dua cara diatas belum menunjukkan hasil. Resikonya, factory reset akan membuat ponsel kembali ke pengaturan awal dan kembali seperti saat masih baru. Semua data simpanan pribadi pengguna dan juga semua aplikasi yang pernah diunduh pun akan hilang karena fungsi ini.

4 ) Mengganti touchscreen dengan layar yang baru

Langkah paling akhir yang bisa diambil untuk memperbaiki touchscreen ponsel yang rusak adalah membawanya ke service center resmi terdekat. Karena disana terdapat tim yang profesional dibidangnya, yang akan dapat memperbaiki kondisi touchscreen ponsel yang rusak dan mengembalikannya menjadi berfungsi seperti sebelumnya.

Inilah beberapa cara memperbaiki touchscreen yang rusak agar bisa kembali berfungsi secara normal. Semoga informasi ini bermanfaat. Selamat mencoba.

Deskripsi : Panduan tentang cara memperbaiki fungsi touchscreen yang rusak dan tidak berfungsi normal pada ponsel android