Cara Instal Ulang Windows 7 Tanpa CD

 Produk-produk Microsoft dikenal user friendly, maka sudah pasti banyak prosedur penanganan dan perawatan perangkat keras dan lunaknya yang dapat dengan mudah dilakukan sendiri oleh pengguna. Salah satunya adalah cara instal ulang windows 7. Untuk instalasi ulang sistem operasi Windows 7 ini, juga beberapa OS Windows lainnya, umumnya dapat dilakukan dengan 2 cara. Cara yang pertama adalah instal ulang menggunakan CD driver Windows, dan cara kedua adalah cara instal ulang Windows 7 tanpa CD Drivernya.

Persiapan Instalasi Windows 7

Sebelum prosedur instalasi ulang Operatyng Sistem (OS) dilakukan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dipersiapkan, yaitu :

  1. Siapkan file .iso Windows 7. File .iso ini berlaku juga untuk instalasi Windows 8 dan Windows 10.
  2. Selalu ingat untuk cek data penting yang ada di laptop dan back up data-data penting Anda ke media penyimpanan eksternal lebih dahulu agar tetap aman dan tidak hilang akibat proses instalasi. Atau bila area drive pada harddisk internal Anda di partisi, pindahkan data-data tersebut ke area selain drive local disk C (drive D, dan seterusnya)
  3. Jangan lupa persiapkan kelengkapan yang dibutuhkan pasca proses instal ulang seperti software-software standar, driver dan lain sebagainya.

Tahapan instal ulang Windows 7 tanpa CD atau flashdisk (media penyimpanan)

cara-instal-ulang-windows-7-tanpa-cd-1

Bila ketiga hal tersebut telah disiapkan, maka Anda bisa memulai langkah instal ulang sebagai berikut:

  1. Siapkan software untuk mount file .iso Windows. Anda bisa menggunakan software PowerISO, UltraISO dan software lain yang sejenis.
  2. Lakukan Mount file .iso Windows tadi. Biasanya untuk prosedur Mount ini, Anda cukup melakukan klik kanan pada file .iso dan pilih Mount
  3. Bukalah drive tempat file .iso yang sudah di Mount tadi. Lalu bukalah setup.exe. Saat muncul jendela Install windows, pilihlah Install Now.
  4. Setelah beberapa saat akan muncul pilihan tentang Update, pilih yang Do Not Get The Latest Updates For Installation.
  5. Lalu checklist pilihan I Accept…
  6. Selanjutnay akan muncul pilihan Upgrade atau Custom. Pilihlah Custom.
  7. Kemudian muncul jendela untuk memilih Local Disc. Ini adalah penentuan drive tempat OS akan ditempatkan. Maka pilihlah Drive C sebagai Local Disc anda.
  8. Lanjutkan langkah dengan klik pilihan Next dan tunggu sampai proses selesai dilakukan. Setelah selesai, Anda akan diminta untuk memilih Force Restart atau Cancel. Maka pilihlah Force Restart.

Sampai disini maka tahap instalasi telah selesai. Beberapa hal yang harus dilakukan adalah hal-hal standar yang dapat dilakukan pengguna denganmudah seperti mengisi nama PC dan lain lain.

Masih ada satu lagi langkah terakhir yang harus dilakukan, yaitu menghapus folder Windows.old, yang berisi file-file C sebelum instal ulang dilakukan. Maka Anda tinggal cukup menghapusnya saja.

Di kesempatanini, diatas sudah dijelaskan lebih dahulu tentang bagaimana cara instal ulang Windows 7 tanpa CD driver Windowsnya. Hal ini penting untuk diinformasikan, karena bisa jadi ada pengguna yang dalam kondisi terdesak harus melakukan instal ulang pada perangkat komputernya, namun terkendala karena tidak punya CD ROM (umumnya pada laptop tipe notebook) atau tidak memiliki flashdisk sebagai media penyimpan lain.

Nah, bagaimana? Mudah bukan cara instal ulang Windows 7 tanpa CD dan flashdisk? Semoga ini bisa menjadi referensi yang berguna dan dapat membantu Anda yang akan melakukan instal ulang namun memiliki kendala seperti yang telah dijelaskan di atas. Selamat mencoba.

Deskripsi : Panduan langkah-langkah instalasi ulang Windows 7 tanpa CD bagi pengguna Komputer atau laptop yang tidak memiliki CD/ DVD ROM pada perangkatnya.