10 Jenis Alat Musik Tradisional yang Sangat Dikenal Dunia

Musik sangat berperan dalam jiwa manusia. Alunan nada-nada indah memberikan efek positif, yaitu menghibur dan menggambarkan suasana hati. Musik dapat sebagai pengiring dalam beraktivitas agar lebih bersemangat, karena musik meningkatkan kemampuan motorik. Hobi bermusik dapat disalurkan melalui permainan alat musik. Adapun beragam jenis alat musik tradisional yang dapat dimainkan.

Alunan Nada dari Ragam Jenis Alat Musik Tradisional

Pelestarian budaya dapat dilakukan dengan cara mengenal dan memainkan alat musik tradisional dari budaya sendiri dan budaya daerah di dunia. Berikut ini adalah jenis alat musik tradisional yang sangat terkenal di dunia.

1 ) Angklung

jenis-alat-musik-tradisional-1

Angklung adalah alat musik tradisional Indonesia dari bambu dan dimainkan dengan diguncang. Bambu-bambu penyusunnya sudah diukur, sehingga menghasilkan nada ganda. Angklung sudah ada sejak abad ke-12. Karena keunikan bunyinya, angklung terkenal di dunia dan ditampilkan dalam acara berkelas dunia. Kini, beberapa daerah bahkan membuat komunitas pemain angklung.

2 ) Sasando

jenis-alat-musik-tradisional-2

Sasando, alat musik petik tradisional yang terkenal dari NTT, Indonesia. Bentuknya sangat unik seperti harpa melingkar. Bagian tengahnya berupa bambu dengan senar yang dapat dipetik dan bagian luarnya diselimuti daun lontar yang melengkung sebagai resonansi.

3 ) Kolintang

jenis-alat-musik-tradisional-3

Kolintang, alat musik tradisional Indonesia berupa barisan papan kayu yang disusun berdasarkan tingkatan nadanya dan dimainkan dengan dipukul. Kolintang adalah bagian dari budaya gong Asia Tenggara.

4 ) Tambura

jenis-alat-musik-tradisional-4

Alat musik tradisional Eropa Timur bernama tambura, merupakan jenis alat musik tradisional yang tersohor. Tambura, alat musik petik dinasti Ottoman Turki yang kemudian berkembang di Kroasia, Serbia, dan Yugoslovakia. Alunan nada indah dapat dihasilkan dari petikan senar logam pada alat musik ini.

5 ) Erhu

jenis-alat-musik-tradisional-5

Erhu adalah alat musik gesek yang terkenal dari Cina, negara di Asia Timur. Nada dapat dihasilkan dari gesekan antara busur bambu dengan senar logam. Erhu dapat disetting dengan nada D-A atau C-G.

6 ) Dizi

jenis-alat-musik-tradisional-6

Seruling merdu tradisional Tiongkok ini terbuat dari bambu dan dimainkan dengan cara ditiup dan terdapat lubang-lubang untuk menghasilkan nada melodis. Dizi berkembang di Cina pada tahun 2 SM.

7 ) Shamisen

jenis-alat-musik-tradisional-7

Jepang mempunyai alat musik tradisional yang tak kalah terkenalnya, yaitu alat musik petik bernama shamisen. Alat ini mempunyai tiga senar yang dipetik menggunakan bachi. Pelapis shamisen terbuat dari kulit.

8 ) Guzheng

jenis-alat-musik-tradisional-8

Kecapi Cina/Guzheng merupakan jenis alat musik tradisional petik terkenal di dunia dan paling populer di negeri “tirai bambu.” Bentuknya berupa kotak cembung dari kayu sebagai kotak suara. Bagian atasnya terdapat 21 senar dan di tengah senar ditempatkan pengganjal yang dapat digeser untuk menurunkan atau menaikkan frekuensi nada. Senar tersebut disetel dengan nada pentatonis Cina yang terdiri dari nada do, re, mi, sol, dan la.

9 ) Violoncello

jenis-alat-musik-tradisional-9

Musik klasik Eropa dikenal dengan peran alat musik tradisionalnya yang bernama violoncello. Alat musik gesek ini menghasilkan suara seperti bass dan terkenal sebagai bagian dari orkestra Eropa.

10 ) Sistrum

jenis-alat-musik-tradisional-10

Belahan dunia Timur Tengah dan Afrika Utara mempunyai alat musik perkusi tradisional yang terbuat dari logam ataupun kayu. Nada berdenting lembut dihasilkan dengan menggoyangkan alat musik ini.

Alat musik tradisional merupakan bagian budaya. Sepuluh jenis alat musik tradisional yang sudah dikenal di dunia tersebut dapat dikenal dan dipelajari. Mampu memainkan alat musik tradisional di tengah arus modernisasi adalah hal yang menakjubkan.